Selasa, 26 Februari 2008

Mempelajari Astronomi dengan menggunakan Software Accurate Times 5.1

Accurate times adalah sebuah program yang berisi tentang algoritma Astronomi/ilmu falaq yang dikemas dalam sebuah software yang sangat mudah dijalankan. Software ini dibuat oleh Mohammad Odeh, beliau merupakan anggota dari Jordanian Astronomical Society (JAS).

Accurate times dapat digunakan untuk melakukan perhitungan-perhitungan Astronomi/Falaq sebagai berikut:
1. Jadwal waktu shalat.
2. Waktu terbit dan tenggelam matahari pada setiap hari.
3. Waktu terbit dan tenggelam bulan pada setiap hari.
4. Fase bulan (bulan sabit, bulan purnama, dan bulan mati) pada setiap bulan.
5. Kenampakan hilal (bulan sabit) pada setiap bulan.
6. Menampilkan peta kenampakan hilal semua lokasi diseluruh dunia.
7. Arah kiblat sebuah lokasi di permukaan bumi.
8. Waktu arah kiblat (waktu yang menunjukan saat bayangan matahari/matahari adalah arah kiblat lokasi tersebut) pada setiap hari.
9. konversi sistem penanggalan Hijriyah ke Gregorian (masehi) atau sebaliknya.
10. Pengingat waktu sholat pada komputer.

Fungsi utama dari software ini adalah dapat digunakan untuk menentukan kapan awal puasa atau hari raya Idul Fitri, dengan cara menghitung posisi ketinggian hilal yang diamati pada sebuah lokasi. Perbedaan pendapat antara Muhammadiyah dengan pemerintah Indonesia dalam menentukan hari raya idul Fitri 1428 H juga dapat dikaji dengan menggunakan software tersebut. Setelah kita mengetahui penyebab perbedaan tersebut, maka kita dapat memprediksikan, apakah lebaran tahun depan ada perbedaan atau tidak.

Accurate Times 5.1 memiliki keakuratan yang cukup baik. Mohammad Odeh telah melakukan perbandingan dengan berbagai sistem perhitungan Astronomical Almanac (sistem perhitungan Astronomi Modern) dan data yang dihasilkan Accurate times sama dengan data yang dihasilkan Astronomical Almanac (toleransi perhitungan 1 detik).

Accurate Times 5.1 dapat didownload di http://www.jas.org.jo/accut.html atau dapat menghubungi Elektro Astro Club (EAC) yang beralamatkan di Jl. Soemantri Brodjonegoro No.1, Gedung H lantai 1 Fakultas Teknik Universitas Lampung, Telp. (0721) 7522899. Selain Accurate Times, EAC juga memiliki software Stellarium 0.8.2, software tersebut dapat digunakan untuk mensimulasikan pergerakan benda-benda langit, kita juga dapat memahami 88 rasi bintang di langit dengan menggunakan software tersebut.

Tidak ada komentar: